7 Refleks Penting Yang Perlu Ada Pada Bayi Baru Lahir

2

Setiap bayi yang baru lahir perlu ada refleks penting bagi membuktikan saraf dan otak bayi dalam keadaan yang baik dan normal. Refleks bayi ini biasanya berupa gerakan yang bersifat spontan dan terjadi dalam waktu tertentu dalam perkembangan bayi. Dan refleks ini akan hilang dengan sendirinya apabila bayi mencapai usia tertentu.

 

7 Refleks Penting Yang Perlu Ada Pada Bayi Baru Lahir

1. Rooting reflex

rooting refleks

Refleks ini terjadi ketika menyentuh pinggir mulut bayi. Bayi akan mengikuti arah sentuhan tersebut sambil membuka mulutnya. Perkara ini membantu bayi ketika ia ingin menyusu. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 3-4 bulan.

2. Refleks menghisap (sucking reflex)

sucking refleks

Ketika bahagian atas atau langit-langit mulut bayi disentuh, bayi akan mulai menghisap. Refleks menghisap mulai muncul saat usia 32 minggu kehamilan dan menjadi sempurna saat usia 36 minggu kehamilan. Oleh sebab itu, bayi pramatang biasanya belum boleh menghisap dengan baik.

3. Refleks moro

refleks moro pada bayi

Refleks moro biasanya muncul ketika bayi terkejut. Ketika bayi terkejut, contohnya apabila mendengar suara yang berisik atau gerakan yang terjadi secara tiba-tiba, bayi akan mengeluarkan refleks ini. Bayi akan melakukan gerakan dengan memanjangkan lengan dan menekuk kakinya. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 4 bulan.

4. Asymmetric tonic neck reflex

Asymmetrical_tonic_neck_reflex

Ketika kepala bayi memandang ke satu sisi, ia akan memanjangkan lengan di sisi yang sama. Sebaliknya, lengan pada sisi yang berlawanan akan ditekuk. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 2 bulan.

5. Refleks menggenggam (palmar grasp reflex)

palmar refleks

Refleks menggenggam pada bayi muncul apabila kita menyentuh telapak tangannya. Bayi akan menutup jari-jarinya seperti gerakan menggenggam. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 3-4 bulan.

6. Refleks Babinski

babinski-reflex-6

Refleks Babinski muncul ketika Anda menggaru tapak kaki bayi anda. Ibu jari kaki bayi akan mengarah ke atas dan jari-jari kaki lainnya akan terbuka. Refleks ini akan muncul hingga usia 2 tahun.

7. Stepping reflex

stepping refleks

Refleks ini juga dikenal dengan istilah walking/dance reflex karena bayi kelihatan seperti melangkah atau menari ketika ia diposisikan dalam posisi tegak dengan kaki yang menyentuh tanah. Refleks ini muncul sejak lahir dan nampak paling jelas setelah usia 4 hari.

Apa yang terjadi jika bayi tidak dapat melakukan refleks tersebut?

Jika refleks bayi tersebut tidak terjadi, perkara tersebut dapat disebabkan oleh trauma ketika proses melahirkan, ubat-ubatan, ataupun suatu penyakit. Sekiranya anda tidak melihat adanya refleks-refleks tersebut pada bayi anda, bawa bayi anda berjumpa dengan doktor untuk pemeriksaan lanjut.

Baca : Sabun Mandian Organik Pilihan Ibu-Ibu Selamat Untuk Kulit Bayi Anda

Ibu kepada 3 superheroes, work happily at home mom. Memilih Shaklee sebagai lifetime bussiness dalam mencapai financial dan time freedom. Bekas pendidik, merupakan editor Kelab Ibu Ohsem dan founder at Official FB Page Ummu Ayyash Dot Com.

Discussion2 Comments

Leave A Reply

CommentLuv badge